CARA MEMBUAT ALAMAT EMAIL

by : rony gunawan sth
Rekan-rekan. KLIK IKLAN YUU akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana caranya membuat alamat email. Email adalah singkatan dari electronic-mail, yaitu sarana komunikasi surat-menyurat melalui internet. Tentunya jauh lebih cepat dan efisien daripada surat-menyurat melalui Kantor Pos. Fasilitas email ini ada yang berbayar dan ada yang gratisan. Hayo, mau pilih yang mana ? Saya yakin Anda memilih yang gratisan. Tapi jangan lupa, Anda juga harus melihat yang mana yang menunjang kebutuhan Anda. Kalau memang yang berbayar lebih dibutuhkan, efektif dan terlebih lagi mendatangkan uang lebih cepat dan lebih banyak, tentunya Anda harus berani mengeluarkan uang.
Nah, apa hubungannya situs program PTC dengan keharusan anggotanya memiliki alamat email ? Ternyata penyelenggara PTC menggunakan email untuk berkomunikasi dengan membernya. Kalau ada instruksi, pengumuman dan pemberitahuan yang mau disampaikan oleh Admin/Pemilik Situs/Penyelenggara PTC disampaikannya melalui email ini Jadi setiap orang yang mau mendaftar harus mempunyai alamat email. Sebenarnya, cukup panjang untuk menjelaskan tentang email ini, saya kira di sini bukan tempatnya untuk menjelaskannya secara lebih lengkap.
OK. Saya berikan contoh cara mendaftar di Gmail untuk mendapatkan alamat email. ( Ket : Selain Gmail ada juga Yahoo mail, Lycos mail, Hotmail, Walla, Saudia )
Masukkan : http://www.gmail.com ke kotak browser Anda, lalu klik > Muncul halaman muka Gmail ( Selamat Datang )
Klik Kotak yang bertuliskan “Buat Akun” > Muncul halaman “Buat akun Google – Gmail”
Isi kotak-kotak kosong sesuai dengan permintaan dan penjelasannya. ( Ket : Setelah Anda mengisi kolom “Nama Login Yang Diinginkan” lalu klik kotak yang ada di bawahnya yang bertuliskan “ Cek Ketersediaan”. Kalau ada pemberitahuan bahwa nama tersebut sudah ada yang menggunakan/tidak tersedia, maka Anda harus menggantinya. Sampai ada pemberitahuan bahwa nama yang Anda inginkan itu “tersedia” ) Lanjutkan mengisi kota-kotak yang berikutnya.
Klik kotak yang bertuliskan : Saya menerima Buat akunku > Anda terhantar pada halaman “Pengantar ke Gmail” dengan tulisan “SELAMAT Anda telah mendaftar ke Gmail….”
Klik kata “Tunjukkan akun saya” yang ada di halaman Pengantar ke Gmail. > Tunggu beberapa detik di mana mesin pencari google loading > Muncullah halaman email Anda yang berisikan kiriman pemberitahuan dari Tim Gmail. Klik satu persatu judul itu, nanti Anda bisa membaca apa pesannya.
Pembuatan alamat email selesai. Salam sukses.